Jumat, 23 Oktober 2015

Tips Menghasilkan Buah Terung dan Tomat Dalam Satu Batang | Bukuku Guruku

Tips Menghasilkan Buah Terong dan Tomat Dalam Satu Batang yang biasa disebut sambung pucuk telah dipraktekkan sebelumnya hanya saja hasilnya hanya buah tomatnya saja. Bahkan tunas - tunas terongpun tidak tumbuh lagi karena pemotongan batang yang terlalu pendek. Kini dicoba lagi sambung pucuk namun saat tanaman terong telah memiliki hbdua buah cabang utama pada ketinggian sekitar 30 cm.







Saat terong mulai tumbuh cabang utama, saat itulah umumnya terong mulai berbunga. Tanaman terong yang sehat dan tidak ada gangguan akan segera menghasilkan buah. Satu cabang lain dapat dipilih untuk sambung dengan tanaman tomat. Dari pengalaman sebelumnya proses sambung terong tomat dapat berlangsung cepat dan juga tidak terlalu lama menghasilkan buah. Tunas tomat yang baru tumbuh bisa tidak lama juga langsung berbunga.

Sekarang kita ambil bakal batang utama yaitu terong. Pilih batang yang sehat, cukup subur dan rimbun daunnya, dan punya dua cabang utama yang muncul hampir sama besarnya. Pilih salah satu cabang tersebut untuk batang bawah sambungan.

Selanjutnya cabang terong segera saja dibelah dengan pisau yang tajam dan bersih. Cukup empuk dan tidak menyulitkan. Jika pemotongan dilakukan tepat di bawah bekas tangkai daun atau calon tunas dimana daun baru akan tumbuh, biasanya otomatis belahan akan membuka sendiri agak lebar.







Cari entres tomat yang ukurannya sebanding dengan cabang terong yang telah disayat tadi. Potong dan pangkas daun-daunnya yang besar. Sisakan sedikit daun yang masih kuncup di bagian atas entres, atau cukup menyisakan calon entres yang ada di ketiak daun.

Entres tomat yang telah disayat segera disisipkan ke dalam belahan dan ditali dengan erat. Pastikan kedua permukaan dapat menempel dengan baik. Segera tutup dengan kantong plastik. Beberapa hari ke depan seminggu atau sepuluh hari koneksi akan nampak tumbuh signifikan jika berhasil.

Setelah 15 hari, bukalah plastik penutup sambungan, dan lihat, daun tomat mulai bertambah besar. Calon bunga dari tomat juga sudah langsung muncul.

Sistem budidaya seperti itu sangat cocok untuk lahan sempit atau pekarangan rumah, sekaligus sebagai taman di halaman rumah.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar