Kamis, 15 Oktober 2015

Tips Bisnis Rumahan Membuat BioDiesel | Bukuku Guruku

Assalaamu'alaikum, ........

Salam jumpa lagi dengan "Bukuku Guruku" dan pada kesempatan ini saya akan sedikit membahas tentang Tips Bisnis Rumahan Membuat BioDiesel dan bagaimana cara membuatnya.

Mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi bahan referensi bagi saudara-saudaraku semuanya yang mungkin saat ini baru menemukan peluang bisnis rumahan untuk usaha sampingan di rumah. Atau bahkan mungkin juga saudaraku masih nganggur, dan susah cari kerjaan, alangkah baiknya jika saudaraku mencoba untuk menekuni bisnis ini. Yuk, kita lanjutkan membacanya.

TIPS BISNIS RUMAHAN MEMBUAT BIODIESEL

Mengingat kebutuhan akan bahan bakar minyak khususnya solar semakin banyak, apa lagi sekarang banyak sekali usaha kecil yang menggunakan mesin diesel berbahan bakar solar, dan diikuti dengan semakin tingginya harga bahan bakar tersebut. Saya ingin sekali mengajak saudara-saudaraku untuk belajar membuat surya berbahan minyak jelantah.

Bahan dan peralatan:
Untuk mengubah minyak jelantah menjadi surya kita memerlukan:
1. Minyak goreng bekas, atau biasa kita sebut minyak jelantah. Yaitu minyak goreng yang sudah tidak digunakan lagi.
                    

2. Methanol 99%, Ada yang belum tau? metahanol itu makanan apa? Datang aja toko kimia, bilang gini pak beli methanol-nya yang 99%, harganya juga murah banget kok, kalau gak salah 8000 ribuan gitu deh per 5 liternya Methanol ini biasanya merupakan cikal bakalnya spirtus
3. Soda Api (NaOH) gak tau juga khan apa itu soda api? biasa bro ... pake jurus seperti diatas, langsung meluncur ke toko kimia dan tanya ama mereka, bang ada soda api kah? kalo ada beli deh .... mereka udah pada tau kok, dan harganya juga murah buanget, cuman 500 per kilo.
4. Wadah plastik, bisa berupa ember plastik.
5. Gelas ukur (tau ya, apa itu gelas ukur)
6. Panci, buat manasin semua bahan.
7. Kompor, semua kompor juga bisa, kalau gak ada kompor, tungku juga bisa dipake kok.
8. Sarung Tangan karet, ini banyak di toko-toko sebelah tuh. yang penting tangan kita aman.
9. Timbangan, timbangannya yang bener dan akurat ya, jangan yang error.
10. Pompa udara akuarium, ukuran kecil aja. yang biasa menghasilkan gelembung udara.
11. Kain yang terbuat dari bahan katun
12. Selang plastik.

Setelah kita mengumpulkan semua bahan yang kita butuhkan, maka sekarang tinggal bagaimana cara pembuatannya. Jadi cara membuatnya adalah:
Pertama -tama kita buat dulu bahan pelarutnya, bahan pelarutnya itu sering kita sebut Metoxida, cara membuatnya sangat mudah yakni dengan cara mencampurkan 900 ml methanol dengan 21 gram soda api, diamkan selam kurang lebih 15 menit. Kalau sudah 15 menit berarti bahan pelarut yang disebut Metoxida judah jadi, sekarang melangkah ke langkah selanjutnya.
Kan bahan pelarut atau yang disebut Metoxida yang kita buat pada point pertama diatas sudah jadi khan, nah bahan yang saya sebutkan tadi (Metoxida) campurkan dengan 3 liter minyak jelantah, nyampurnya di dalam ember ya. Kalau kedua bahan tadi sudah bercampur (metoxida dengan jelantah) sudah tertuang didalam ember, lalu aduk pelah-pelan menggunakan sendok plastik selama 30 menit. Sambil baca mantra bimsalabim: D.
Kalau sudah diaduk selama 30 menit neh, selanjutnya Anda istirahat sambil makan gado-gado juga: eek:. Biarkan selama 4-12 jam, jangan dioprek-oprek, sampai tuh campuran terjadi pengendapan.
Kalo sudah 12 jam nanti akan terjadi endapan, ini ditandai dengan adanya 2 lapisan, yakni lapisan yang paling bawah warnanya agak gelap, lapisan yang ini kalo kata temen ane yang jadi ahli kimia bernama CRUDE gliserin, dan lapisan yang paling atas warnanya agak bening, dan lapisan yang atas ini namanya CRUDE BIODIESEL.
Langkah selanjutnya adalah memisahkan kedua bahan tersebut, ambil yang lapisan atas (Crude biodiesel) lalu cuci, cara nyucinya dengan cara memcampurkan air bersih 2 liter aja cukup.
Gunakan pompa udara yang sudah loe pade siapin tadi, colokin ama listrik lalu gelembungnya masukin ke ember yang berisi crude biodiesel dan 2 liter air tadi, biarkan gelembung tadi didalam sana sampe muncul putih susu .....
Tak berapa lama kemudia akan terjadi 2 lapisan cairan yakni biodiesel dengan warna kekuningan dan air warna putih.
Pisahkan kedua lapisan cairan diatas, ambil crude biodiesel dengan menggunakan selang plastik lalu tampung di dalam ember plastik.
Biodisel yang telah kita ambil, lalu panaskan dengan panci samapi 100 deajat celcius, biarkan agak lama sampai sisa air dan metahol yang tersisa menguap.
Setelah yakin tidak ada sisa air dan sisa metanol, angkat lalu dinginkan, dan setelah dingin maka biodiesel buatan otong: D sudah bisa dipakai.
Oke, kalau saudaraku pengen sukses di bisnis ini, tentunya saudaraku harus tekun dan tak gampang menyerah. Ingat, kegagalan adalah awal dari keberhasilan. Tidak ada orang yang langsung berhasil tanpa mengalami kegagalan terlebih dahulu, kecuali keberhasilan itu warisan dari nenek moyangnya.

Demikian artikel tentang bagaimana kita menciptakan Tips Bisnis Rumahan Mumbuat BioDiesel untuk memperkaya pengetahuan kita, dan sekaligus untuk menambah in come keluarga kita. Tetap Stay Tune di Bukuku Guruku untuk artikel selanjutnya.

Wassalaamu'alaikum, .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar